[Latest News][6]

Lifestyle
Ramadhan
Tips Sehat

Tips Diet Sehat Saat Berpuasa




Diet adalah hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga proporsional tubuh, dengan cara mengatur pola makan yang di sertai beberapa latihan olahraga agar tubuh lebih ramping tapi berisi.

Namun di bulan ramadhan apakah kita dapat melakukan diet, karena seperti yang kita tahu sendiri pada bulan puasa kita sudah menahan lapar dan haus seharian penuh, apakah itu sudah termasuk diet.

Saat bulan ramadhan memang kita di wajibkan untuk berpuasa, yang artinya tidak makan dan minum seharian penuh, tapi pada kenyataanya tidak sedikit orang yang berpuasa malah menjadi semakin gemuk setelah bulan ramadhan berlalu.


Itu berarti kita belum menjaga pola makan kita dengan baik dan benar itu tidak bisa sebut sebagai diet,

Misalnya pada saat kita sahur kita takut akan merasa lapar pada siang hari nanti saat menjalankan puasa sehingga kita mengkonsumsi makanan yang luar biasa di luar dari porsi makanan yang biasa kita makan, padahal jumlah yang kita makanan bukan jaminan bahwa kita tidak akan merasa lapar di siang hari nanti.

Sedangkan tiba pada saat berbuaka puasa kita merasa sangat lapar sehingga kita kalapa dan melahap makanan yang ada di atas meja makan.

Karna itu kali ini kita akan memberikan sedikit tips yang mungkin bisa membantu anda dalam menjalankan program diet yang sehat di bulan puasa.

Tips Diet Sehat Saat Berpuasa

1. Jaga porsi makan saat Berbuka.

Perhatikan porsi sesuai kebutuhan. Pola makan sehat selalu beriringan dengan porsi yang tepat pula. Pastikan mengonsumsi berbagai golongan makanan sesuai dengan kebutuhan harian, gunakan tips gizi seimbang saat berpuasa agar porsi makanan yang dikonsumsi selalu terkontrol

Sebaiknya makan makanan ringan terlebih dahulu seperti kurma, buah-buahan segar, ataupun susu hangat. Lalu selang 30-60 menit kemudian dapat mengonsumsi hidangan utama seperti nasi dan lauk pauknya.

Hal ini dilakukan agar tidak memperberat fungsi lambung setelah lama beristirahat. Jika berbuka secara berlebihan justru akan membuat lemas dan perut tidak nyaman yang dampaknya akan membuat malas untuk bergerak dan beribadah

2. Perbanyak Makan Serat Dan Protein Saat Sahur Berbuka Puasa

Makanan yang banyak mengandung serat dan protein dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama jadi sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung serat dan protein saat sahur.

Selain itu, makanan yang mengandung serat dan protein mampu menahan nafsu makan sehingga tiba saatnya berbuka puasa anda tidak akan menjadi kalap.

Contoh makanan yang banyak mengandung serat dan protein seperti oatmeal, kacang-kacangan, sayur, susu dan daging.

3. Hindari Makanan Dan Minuman Yang Manis saat sahur dan berbuka puasa.

Kandungan gula yang terdapat dalam makan atau minuman yang manis dapat membuat kita cepat merasa lapar, sehingga tidak baik di konsumsi terlalu banyak saat sahur.

Selain itu makan yang manis dapat mengganggu pencernaan yang akhirnya kita akan sering mengunjungi kamar mandi, dan bisa jadi nantinya kehilangan banyak cairan tubuh.

4. Minum yang banyak saat berbuka dan sahur.

Air sangat penting bagi tubuh kita, dan saat berpuasa kita akan kehilangan banyak cairan tubuh, dan itu akan membuat kita merasa lemas.

Jadi sangat di anjurkan untuk minum lebih banyak saat sahur dan berbuka buas agar kita tetap segar di bulan ramadhan.

5. Hindari makanan gorengan Saat berbuka ataupun Sahur

Seperti yang kita tahu sendiri lemak yang berlebihan tidak baik untuk tubuh apalagi bagi anda yang sedang menjalankan diet, yang tujuannya untuk membuang lemak berlebih di dalam tubuh.

Dan makanan yang di goreng mengandung lemak jadi sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi gorengan pada saat diet walaupun bukan di bulan puasa.

6. Usahakan tidur yang Cukup

Tidur yang cukup disini bukan berarti kita menjadikan tempat tidur sebagai tempat utama seharian penuh dalam bulan ramadhan, namun tidur yang cukup disini maksudnya ialah mengatur jam tidur sesuai kebutuhan, pada malam hari maupun jam tidur siang.

Kebiasaan yang sering terjadi di bulan ramadhan malah di malam hari di gunakan untuk begadang dan bermain, sedangkan di siang hari di gunakan untuk tidur, dan itu akan memberi dampak buruk terhadap tubuh kita.

7. Tetap Berolah Raga saat puasa

Pastikan kita tetap berolah raga di bulan puasa namun sebaiknya lakukan olah raga yang ringan agar tidak menguras banyak energi.

Jika ingin melakukan olah raga sebaiknya di lakukan pada sore hari menjelang bebuka puasa, agar energi yang terkuras dapat di pulihakan dengan cepat.

Mungkin itu saja tipa kita kali ini dalam menjalankan diet di bulan puasa semoga dapat memberi manfaat bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet di bulan ramadhan.

About Author Mohamed Abu 'l-Gharaniq

when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries.

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search