[Latest News][6]

Lifestyle
Ramadhan
Tips Sehat

Tips Menu Sahur Yang Sehat


Sebagai umat muslim di bulan ramdhan wajiblah bagi kita untuk menjalankan puasa sebulan penuh, dan sebelum menjalankan puasa setiap hari tentunya menjadi sunnah bagi kita untuk sahur sebelum berpuasa.

Sahur adalah awal yang penting sebelum kita menjalankan puasa, karna makanan yang nantinya kita makan saat sahur inilah yang akan memberikan kita cadangan energi selama berpuasa seharian penuh.


Karna itu penting bagi kita untuk memilih menu sahur yang sehat agar energi yang kita miliki cukup hingga adzan magrib berkumandang, maka kali ini kita akan memberikan sedikit tips menu sahur yang sehat selamat menjalankan puasa.

Tips menu sahur yang sehat

1. Minum segelas air putih sebelum sahur karna saat berpuasa nanti kita akan kehilangan banyak caira yang menjadi bagian terpenting tubuh.

2. Konsumsi buah-buahan sebelum menyantap makanan berat seperti nasi, Selain mengandung antioksidan buah-buahan juga, mengandung serat yang akan memperlancar pencernaan.

3. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh. Selama berpuasa, kadar zat besi di dalam tubuh akan menyusut karena berkurangnya sel darah dalam tubuh. Dampaknya akan cepat lemas dan mengantuk dan untuk mencukupi kadar zat besi, konsumsilah daging merah, telur, ikan, sayur, kacang-kacangan.

4. Konsumsi Karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah selama berbuasa. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi putih dan roti gandum.

5. Makan lauk pauk yang kaya akan protein seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging dan ikan. Ini akan memberikan variasi menu setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi telur, roti gandum, dan sayuran rebus.

6. Lengkapi santap sahur Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan potassium, yang terkandung di dalam pisang, almond, dan jeruk. Magnesium akan membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.


Hindari Makanan Berikut Saat Sahur.

1. Hindarilah makanan yang terlalu manis karena akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga akan merasa cepat lapar.

2. Hindari menggoreng makanan untuk sahur. Makanan yang digoreng akan mengurangi ikatan oksigen hingga 20 persen yang akan menimbulkan rasa kantuk seharian.

3. Hindari makanan yang terlalu asin, Selain dapat menyebabkan hipertensi, makanan asin ternyata dapat menstimulasi rasa haus. Anda pasti tidak ingin merasa haus sepanjang hari karena makanan asin yang Anda makan saat sahur.

4. Hindari kopi saat sahur, Salah satu alasan mengapa kopi sebaiknya Anda hindari saat sahur adalah karena sifat kopi yang laksatif. Anda mungkin menyadari frekuensi ke toilet Anda bertambah setelah mengonsumsi kopi. Ini karena terdapat komponen dalam kopi yang menstimulasi kerja usus besar sehingga tubuh kemudian membuang sisa pencernaan lebih cepat.

5. Hindari Makanan yang pedas karena makanan pedas dapat memicu rasa haus terus menerus. Selain itu, mereka yang menderita maag disarankan untuk menghindari makanan pedas karena dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga berpotensi menyebabkan nyeri di perut bagian atas. Dan, bagi sebagian orang, makanan pedas memicu sakit perut.

Itulah sedikit tips makanan yang sehat untuk sahur dan apa yang perlu di hindari saat sahur agar puasa yang kita jalankan tidak mengalami kendala sampai berbuka puas di sore hari.

Semoga tips ini dapat membantu dan jangan lupa share ke teman-teman agar mereka juga tau apa yang baik untuk kita konsumsi saat sahur.

About Author Mohamed Abu 'l-Gharaniq

when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries.

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search